Kanker tidak Mengenal Kelompok Usia

Penyakit kanker darah ataupun lebih di kenal dengan leukimia yakni jenis kanker yang banyak menyerang anak-anak di semua dunia termasuk di Indonesia. Disusul juga dengan kanker mata ataupun retinoblastoma dan juga kanker kelenjar.

“Anggapan rakyat bahwa kanker yakni kanker hanyalah penyakit yang di idap oleh orang dewasa. Padahal penyakit kanker tak mengenal kelompok usia,” jelas Dokter Spesialis Anak Konsultan Hematologi Onkologi dari RS Umum Pemerintah Hasan Sadikin kota Bandung, Susi Susanah, di Bandung, Hari selasa (14/2).

“Bahkan anak yang baru lahir pun bisa tertimpa penyakit ini, dengan tanda-tanda yang berbeda juga,” lanjut Susi ketika menjadi pembicara dalam diskusi yang di gelar RSHS Bandung dalam acara memperingati Hari Kanker Dunia yang biasa diperingati pada tanggal 4 Februari.

Berdasarkan dia, penyakit kanker yakni penyakit yang bisa dicegah contohnya yaitu dengan menjaga gaya hidup sehat. Dia berkata banyak anak Indonesia kini cukup pelik dibiasakan untuk selalu makan makanan sehat seperti halnya sayuran dan juga buah-buahan.

Fenomena yang terjadi kini, jelas dia, anak-anak lebih suka memakan makanan cepat saji yang mempunyai kandungan zat-zat yang kurang baik untuk pertumbuhan metabolisme pada anak. “Sejalan dengan program tubuh kesehatan dunia (WHO) dan juga Kemenkes, pemberian ASI eksklusif memiliki kiprah terpenting untuk pencegahan kanker,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *